Tips Mengobati Penyakit Ayam Secara Tradisional

969141_675428989149569_1537359101_n

Tips untuk Menghindari/Mengobati penyakit ayam atau dengan kata main {tetelo}

Temu kunci (Boesenbergia pandurata) jarang digunakan sebagai bumbu dapur, karenanya bumbu ini tidak sepopuler kencur, kunyit atau jahe. Namun kehadiran temu ini memberikan sentuhan khas pada sayur bening. Tanpa temu kunci, sayur bening seperti sayur bayam akan terasa kurang mantap.

Temu kunci diperoleh dari umbi tanaman terna yang berbatang semu. Daun dan batangnya sepintas mirip daun kunyit. Temu ini tumbuh subur di tanah yang banyak mengandung humus dan sedikit ternaungi. Jika sudah berumpun banyak, umbi bisa dipanen dan anakan bisa dibiakan menjadi tanaman baru. Aroma temu kunci sangat khas dan hampir mirip dengan kencur. Biasanya digunakan sebagai bumbu sayur bening, pepes maupun campuran bumbu urapan ala Jawa.

Nah……buat sahabat yang mempunyai ayam terkena penyakit tetelo bisa memberikan umbi temu kunci ini pada ternak ayam tersebut cukup mudah dan ekonomis bisa dicari dikebun atau kalau yang jualan dipasar sayuran sahabat bisa membeli temu kunci ini khasiatnya sangatlah mujarab tanpa harus membeli obat vaksin cukup dengan secara tradisional dan alami silahkan sahabat bisa mencobanya.

Caranya : tumbuk temu kunci ini secukupnya dan peras airnya lalu minumkan pada ayam sahabat….. dosisnya minimal seminggu sekali ramuan temu kunci ini diberikan, cukup praktis bukan …………….

Kegunaan temu kunci ini selain untuk bumbu sayur bisa juga untuk mengobati penyakit ayam yang sahabat sayangi.
Demikian semoga Bermanfaat……..

//

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s